Senin, 26 November 2018

Manfaat Istinsyaq saat kita berwudlu


Subhanallah Inilah Manfaat tersembunyi dari menghirup air melalui hidung saat berwudhlu yang jarang terpikirkan

baru menyadari kali ini tentang penggunaan air saat kita berwudhu, khususnya memasukkannya ke dalam hidung dengan cara menghirupnya. kelihatan sepele mamang, mengapa memasukkan air ke hidung saat berwudhlu. Melihat beberapa kejadian penyakit kanker/tumor dalam hidung ataupun penyumbatan darah di otak yang dikarenakan permasalahan dari beberapa penyakit dalam hidung. Salah satu penyebab penyakit tersebut diatas adalah dari kebiasaan jorok mencabut bulu hidung ataupun mengambil kotoran dalam hidung (ngupil,nama dalam bahasa jawa. red). Mencabut bulu maupun mengambil kotoran dapat menyebabkan infeksi dalam hidung. Infeksi ini akan dijadikan sebagai tempat berkumpulnya bakteri/kuman merugikan. Hingga kemungkinan bakteri bisa menjalar ke pembuluh darah di otak. Sangat dikawatirkan kuman/bakteri yang menginfeksi luka di hidung terbawa ke otak sehinga menyebakan inflamasi akut.

Nah apa sih sebenarnya manfaat dari menghirup air melalui hidung saat berwudhlu ? Berikut uraiknya.
1. Memperlancar peredaran darah di otak
Nama lain dari menghirup air melalui hidung adalah Istinsyaq. Dengan caranya: mengambil air dengan telapak tangan ditekuk (sehingga satu atau dua telapak membentuk seperti wadah kecil), kemudian menempelkan dua lubang hidung di telapak tangan yang berisi air tersebut. Setelah itu lanjutkan dengan satu kali gerakan menghirup air.
Jika istinsyaq ini dilakukan dengan benar, maka air yang dihirup dari telapak tangan akan masuk ke lubang hidung, dan terasa sampai di ubun-ubun, dan pada saat bersamaan, akan terasa seperti ada "proses kesetrum yang ringan", yang bisa dirasakan seperti bunyi: tiieeennng, yang berlangsung selama sepersekian detik, habis itu plong dan segar.Bagi yang belum terbiasa melakukan istinsyaq, awalnya mungkin akan terasa kaget.
Di kalangan sebagian Muslim, ada keyakinan bahwa istinsyaq merupakan "amalan penyegar tubuh", khususnya bila dilakukan ketika berwudhu di waktu subuh, tidak lama setelah bangun tidur. Tapi istinsyaq bisa dilakukan kapan saja.
Memang belum ada kajian medis yang membahas manfaat istinsyaq ini bagi kesehatan. Tapi konon, istinsyaq dapat berfungsi untuk merangsang pembuluh darah ke otak. Makanya istinsyaq diasumsikan dapat mencegah stroke.

Dulu, dan mungkin juga hingga saat ini, di pondok-pindok, istinsyaq malah diyakini sebagai pencegah atau obat paling efektif untuk pilek/ingusan. Makanya jarang ada santri yang mengalami filek/ingusan yang akut atau penyakit sinus.

2. Membersihkan Kotoran di hidung
dengan basahnya permukaan dalam hidung, kotoran akan keluar bersamaan dengan keluarnya air yang terhirup tersebut. Apalagi bila kita bersin, otomatis kotoran hidung akan terbawa keluar. Daripada menggunakan jari untuk mengeluarkan kotoran dalam hidung, yang bisa saja melukai selaput hidung hingga menyebabkan infeksi.


sumber :
kompasiana.com


Share:

Translate This Blog

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Theme Support